Cara Merawat Mobil Yang Jarang Digunakan

Sahabat ALIF, Karena berbagai alasan dan kesibukan, tidak sedikit mobil yang jarang digunakan oleh pemiliknya. Bisa karena pekerjaan yang berada di luar kota, atau juga pemilik memiliki mobil dinas yang selalu mengantarkannya beraktifitas. Akibatnya, mobil lebih sering berdiam di di garasi saja.

Namun perlu sahabat ALIF ketahui, meski jarang digunakan mobil juga perlu untuk dirawat. Bahkan untuk kasus mobil yang tidak dipakai dalam waktu cukup lama, anda akan memerlukan perawatan khusus agar mobil tetap berkondisi baik. Berikut ini adalah cara merawat mobil yang jarang dipakai agar mobil tidak sampai terlantar dan siap untuk digunakan kapan saja anda perlu.

Jika anda akan meninggalkan mobil dalam waktu lama, maka sebaiknya anda membersihkan terlebih dahulu mobil kesayangan anda secara menyeluruh. Mulailah dengan mencuci dengan bersih agar bagian eksterior seperti cat mobil tetap terlindungi dari kotoran yang membandel dan dapat menyebabkan korosi. Selanjutnya bersihkan pula bagian dalam dari sampah dan debu. Anda dapat menggunakan penyedot debu untuk membersihkan bagian interior. Jangan tinggalkan mobil dalam keadaan kotor.

Jika mobil akan ditinggal dan tidak dipakai dalam waktu lebih dari dari 2 minggu, maka parkir mobil di tempat yang terlindungi seperti garasi. Selain itu, gunakan sarung mobil khusus agar mobil lebih terlindungi dari cahaya panas matahari dan hujan yang dapat merusak mobil, serta debu yang akan menumpuk. Selain itu, hal ini juga bermanfaat untuk mencegah aksi kejahatan.

Selanjutnya, lepaslah kabel aki / kepala aki agar mengurangi resiko aki menjadi rusak atau kehilangan daya. Saat mencabut aki, dahului dengan melepas kabel negatif baru kemudian kabel positif. Saat memasang, dahulukan kabel positif baru kemudian kabel negatif.

Gunakan stand jack untuk mengangkat ban mobil agar tidak menempel dengan lantai. Hal ini penting agar postur ban tidak berubah karena menahan beban mobil terlalu di titik yang sama terus-menerus. Selain itu, cara ini sangat berguna untuk menjaga agar kondisi suspensi mobil tetap baik dan berfungsi normal saat mobil akan digunakan.

Jika mobil sudah terpasang stand jack, maka lepaslah rem parkir atau rem tangan mobil anda. Jika rem tangan terus bekerja dan tidak dilepas, dikhawatirkan piringan rem dan minyak akan menjadi lengket. Hal ini lebih dianjurkan lagi jika mobil masih menggunakan rem tromol.

Jangan lupa untuk mengganjal tangkai wiper agar karet wiper tidak menempel langsung pada kaca mobil. Anda dapat menggunakan potongan kayu kecil, busa atau pengganjal wiper yang dijual di toko-toko aksesoris mobil. Jika tidak dilakukan, khawatir hal ini akan membuat karet wiper menjadi lebih cepat mengeras dan kehilangan kelenturannya.

Terakhir, jika ada orang yang tinggal di rumah anda, mintalah untuk memanaskan mobil setiap hari. Jika hal ini dapat dilakukan, maka anda tidak perlu untuk melepas kepala aki mobil anda. Cukup lakukan selama 4 sampai 5 menit saja setiap harinya.

Dengan cara-cara di atas, maka anda tidak perlu khawatir untuk meninggalkan mobil anda dalam waktu yang lama. Namun jangan lupakan untuk memeriksa kabin, bagasi dan ruang mesin dari gangguan tikus. Sebab bisa saja tikus menjadi penghuni ruang mesin mobil dan menggigiti kabel serta selang-selang di dalamnya,  demikian tips yang dapat kami berikan kepada sahabat ALIF, semoga dapat membantu sahabat untuk merawat mobil yang jarang digunakan dirumah.