Pengecekan Mobil Sebelum Dipakai Berlibur

Liburan sahabat ALIF bisa berubah menjadi runyam ketika mobil yang digunakan untuk berlibur bermasalah di jalan. Inilah hal-hal yang perlu diperiksa sebelum mobil Anda dibawa berlibur.

Pulang ke kampung halaman ketika libur panjang akhir tahun atau hanya touring ke berbagai kota dengan mobil pribadi memang seru. Namun harapan indah itu bisa berubah runyam jika mobil tiba-tiba bermasalah di jalan. Kalau hanya mogok sebentar, sih, tak terlalu masalah. Tapi kalau sampai bisa mencelakakan Anda, wah, ini yang berbahaya. Agar liburan dengan mobil pribadi membawa kesan manis, bukan ingatan pahit, periksa dulu kendaraan pribadi setidaknya seminggu sebelum berangkat.

Perjalanan jauh adalah tantangan bagi mobil Anda. Oleh karena itu siapkan mobil Anda agar dalam kondisi prima. Langkah paling mudah adalah melakukan servis mobil di bengkel secara menyeluruh. Namun, untuk detailnya, Anda juga harus memeriksa kondisi mobil sendiri. Inilah beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Kontrol utama, Termasuk komponen kontrol utama dalam kendaraan adalah rem, pedal gas, stir atau kemudi, dan kopling. Anda perlu memastikan semua komponen ini dalam kondisi baik. Jika kampas rem telah menipis, segera ganti baru. Namun, jika kondisi cukup baik, cukup bersihkan saja. Periksa oli persneling dan pastikan tidak ada kebocoran pada sistem rem.

Air radiator, perlu dalam kondisi penuh. Air reservoir perlu mencapai batas ketinggian yang disarankan. Sebaiknya gunakan cairan yang berkualitas untuk radiator agar mampu mengurangi panas dalam radiator mobil. Kualitas air radiator yang baik juga bisa meminimalkan risiko karat pada mesin. Periksa juga bagian selang-selang. Jika radiator bermasalah, sebaiknya segera tangani, misalnya dengan mengganti selang yang retak atau kuras air radiator.

Sistem pendingin, Termasuk dalam sistem pendingin adalah cooling fan, thermostat, coolant level, hoses, dan engine belt. Perhatikan jarum penunjuk temperatur. Jika melebihi batas ketika mobil dikendarai dalam jarak tertentu, sebaiknya lakukan pemeriksaan, misalnya memeriksa performa kipas pendingin. Jika beberapa bagian bermasalah, sebaiknya segera benahi.

Oli,kondisi oli mesin juga tidak boleh dilupakan. Pastikan oli mesin dalam kondisi baik. Anda juga perlu memperhitungkan jarak yang akan ditempuh. Pastikan oli mesin berada pada level cukup untuk berkendara jarak jauh. Jika tidak, gantilah oli dan lakukan pengecekan spare part di bengkel secara menyeluruh.

Ban, Tekanan ban mobil harus pas jika ingin berkendara dengan nyaman. Namun, jika barang bawaan cukup banyak atau mobil membawa banyak penumpang, sebaiknya tambah lagi tekanan ban. Hindari menggunakan ban dalam kondisi buruk seperti muncul retak pada ban atau ban memiliki tonjolan tak wajar. Sebaiknya ganti dengan yang baru jika kondisi ban telah buruk. Akan lebih baik jika Anda mengetahui kondisi rute jalan yang akan dilewati.

Komponen lainnya, Bagian mobil lainnya yang tak boleh luput dari perhatian adalah kondisi lampu-lampu, wiper, aki (accu), ban serep, dan segitiga pengaman. Jangan lupa, bersihkan bagian interior mobil, bawalah tambahan perlengkapan untuk perjalanan seperti bantal kecil dan selimut untuk anak-anak. Tidak kalah penting adalah kondisi pengendara sendiri. Anda pun perlu dalam kondisi prima sebelum memulai perjalanan panjang dengan kendaraan pribadi.